Perpustakaan sebagai Lembaga Pendidikan Informal dalam Sejarah Pendidikan Islam

  • Rasdanelis .
Keywords: Perpustakaan; Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan Islam

Abstract

Islam adalah agama yang menjunjung tinggi ilmu pengetahuan. Islam
menempatkan orang yang berilmu pada tingkatan yang tinggi, bahkan
Islam menjadikan wajib bagi kaum muslim baik laki-laki maupun perempuan
untuk menuntut ilmu. Menuntut ilmu, tidak mengenal batas usia,
waktu dan tempat seperti kata petatah Arab “tuntutlah ilmu dari ayunan
hingga ke liang lahat”. Simbol ini, tertuang dalam peran dan fungsi perpustakaan,
dari pertumbuhan perpustakaan secara tradisional sehingga
perkembangan ilmu pengetahuan di era global.
Keberadaan perpustakaan dalam menggerakkan proses transfer pengetahuan
sudah bergema sejak awal kedatangan Islam, meskipun dalam
bentuk yang masih sederhana (berupa rumah-rumah ilmu). Pepustakaan,
dipercaya sebagai lembaga informal yang sudah berkembang dan dibina
dalam mewujudkan ruh keilmiahan sejak awal kebangkitan Islam sampai
saat ini, tentunya dengan bentuk dan simbol yang berbeda sesuai dengan
perkembangan ilmu pengetahuan.
Namun, seiring perkembangan budaya dan peradaban manusia, sehingga
perpustakaan dalam konteks zaman duhulu dengan era sekarang, terjadi
pergeseran makna dan fungsi. Perpustakaan sekarang lebih berfungsi sebagai
mengkoleksi informasi-informasi dan tempat belajar untuk mendapatkan
informasi-informasi, baik informasi dalam bentuk tercetak maupun
un-printed collection.
Perpustakaan di masa dahulu, memiliki peran yang lebih besar, dimana
perpustakaan mampu menjadi agen terjadinya apa yang disebut “transformasi
ilmu intelektual”. Sehingga dapat dikatakan, proses tranformasi
ilmu pengetahuan dari Persia, Yunani dan Roma, tidak akan berlangsung

tanpa adanya upaya penerjemahan di perpustakaan-perpustakaan, dan
tidak akan terjadi pula persingggungan dunia Islam dengan intelektualisme
Yunani.

References

Abuddin Nata. Al-Qur’an dan Hadits. Jakarta: Raja Grafindo, 2000
Abuddin Nata. Sejarah Pendidikan Islam: Pada Periode Klasik dan
Pertengahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004
Agus Rifai. Perpustakaan Islam: Konsep, Sejarah dan Kontribusinya
dalam Membangun Peradaban Islam Masa Klasik. Jakarta: Raja
Grafindo Persada, 2013
Ali Audah. Dari Khazanah Dunia Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1999
AS. Hornby. Oxford Advanced Dictionary English. Oxford: The University
Press, 1989
Badri Yatim. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada,
2004
Haidar Putra Daulay. Sejarah Pertumbuhan Pembaruan Pendidikan
Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009
Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah
Pertumbuhan dan Perkembangan. Jakarta: Raja Grafindo
Persada, 1999
Ibrahim Anis, et al. al-Mu’jam al-Wasith. Kairo: Dar al-Ma’arif, 1973
Johannes Pedersen. Fajar Intelektual Islam: Buku dan Sejarah Penyebaran
Informasi di Dunia Arab. Bandung: Mizan, 1996
Kementerian Agama RI. Al-Qur’an al-Karim. Jakarta: Kemenag RI, 2000
Lasa. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book
Publisher, 2009
Subhi al-Shalih. Membahas Ilmu-Ilmu Hadis. Jakarta: Pustaka Firdaus,
2007
Sulistyo-Basuki. Periodesasi Perpustakaan Indonesia. Bandung: Remaja
Rosdakarya, 1994
Sutarno. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto, 2006
Suwito, dkk (Ed). Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana,
2008
Ziauddin Sardar. Tantangan Dunia Islam Abad 21. Jakarta: Mizan, 1996
Published
2018-07-19
How to Cite
., R. (2018). Perpustakaan sebagai Lembaga Pendidikan Informal dalam Sejarah Pendidikan Islam. LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 91-110. Retrieved from http://libraria.fppti-jateng.or.id/index.php/lib/article/view/27