Promosi Perpustakaan sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Informasi Masyarakat Luar Kampus Universitas Muhammadiyah Malang

  • Ani Herwatin
Keywords: Promosi Perpustakaan, Literasi Informasi, tanggung jawab social perusahaan

Abstract

Ide penulisan ini dilatar belakangi oleh: pertama, Adanya interaksi antara
masyarakat luar kampus dan mahasiswa dalam mununjang kehidupan sehari-
harinya; kedua, Antara Kampus (universitas Muhammadiyah Malang)
dan masyarakat sekitarnya harus ada simbiosis yang saling menguntungkan;
dan ketiga, Perpustakaan memiliki tanggung jawab meningkatkan literasi
informasi masyarakat luar kampus, agar mahasiswa mendapatkan sharing
partner yang seimbang dalam berkomunikasi sehingga tercipta hubungan
yang harmonis antara masyarakat dan mahasiswa. Permasalahan penulisan
ini adalah bagaimana strategi perpustakaan melakukan promosinya pada
masyarakat, dengan tujuan agar mereka tertarik untuk berkunjung ke perpustakaan
serta dapat memanfaatkan berbagai layanan yang ditawarkan.
Adapun promosi yang dilakukan perpustakaan dengan cara mengundang
masyarakat tersebut dalam berbagai event atau acara, antara lain: pertama,
Perpustakaan Sebagai Sarana Promosi Budaya Bangsa; kedua, Perpustakaan
Sebagai Tempat Explorasi Fashion; ketiga. Perpustakaan sebagai media
publikasi CSR Institusi; keempat, Pameran IPTEK – PUSPA IPTEK UMM ( dan
Local Content); dan kelima, Perpustakaan Sebagai Tempat Lokasi Pemotretan.
Dari berbagai event tersebut diharapkan ada feedback dari masyarakat
luar kampus kepada perpustakaan dan dapat memberikan nilai positif bagi
Universitas Muhammadiyah Malang sebagai lembaga induknya.

References

American Library Association (ALA), Association for College and Research
Libraries (ACRL), Information Literacy Competency Standards
for Higher Education last modified June 4, 2017. https://
arizona.openrepository.com/arizona/bitstream/10150/105645/1/
standards.pd
Baskoro, Dhama. Materi seminar dan wokshop Training of trainer,
Membangun budaya akademik literasi informasi dan literasi
digital di Universitas Muhammadiyah Malang, 16 – 18 Maret 2017
Bent, Moira and Ruth Stubbings, The SCONUL Seven Pillars of Information
Literacy: Core Model, last modified June 2, 2017, https://
www.sconul.ac.uk/sites/default/files/documents/coremodel.pdf
Darmanto, “Pemasaran perpustakaan perguruan tinggi” Palimpsest: jurnal
ilmu informasi dan perpustakaan, Th. III, no. 2, Desember
(2011) – Mei (2012): 105 – 115.
Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta:
Gramedia, 1975.
Febrian, Jack. Pendidikan Tinggi di Indonesia. Bandung: Informatika, 2000.
Hartono. Manajemen perpustakaan sekolah: menuju perpustakaan
modern dan profesional Yogyakarta: ArRuzz Media, 2016.
Musman, Asty dan Ambar B.Arini. Batik: warisan adiluhung Nusantara.
Yogyakarta: G-Media, 2011.
Nicholson, Scott. Everyone plays at the Library : creating great gaming
experiences for all ages. New Jersey: Information today, 2010.
Rahardjo, Arlinah Imam. Mengatur Strategi Promosi Perpustakaan.
Surabaya: UK-PETRA. last modified May 7, 2016, http.://faculty.
petra.ac.id/arlinah/perpustakaan/PROMOSI/promosi96.pdf
Rangkuti, Fredi. Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus integrated
marketing communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.
Shimp, Terence A. Periklanan promosi: aspek tambahan komunikasi
pemasaran terpadu, jilid1. Translated by Revyani Sahrial, Dyah
Anikasari. Jakarta: Erlangga, 2003
Sulistyo-Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama, 1991.
Sumantri. Panduan Penyelenggaraan perpustakaan Sekolah. Bandung:
Rosda, 2008.
Suwarno, Widji. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan : sebuah pendekatan
praktis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
Published
2017-12-29
How to Cite
Herwatin, A. (2017). Promosi Perpustakaan sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Informasi Masyarakat Luar Kampus Universitas Muhammadiyah Malang. LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(2), 37 - 52. Retrieved from http://libraria.fppti-jateng.or.id/index.php/lib/article/view/44