Promosi Layanan Perpustakaan Melalui Komunikasi “Words of Mouth (WOM)”

  • Tri Hardiningtyas UNS
  • Yuni Nurjanah Universitas Diponegoro, Semarang
Keywords: layanan; layanan perpustakaan; komunikasi; strategi layanan, words of mouth.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauhmana komunikasi “Words of Mouth (WOM)” dapat mempengaruhi ketertarikan pemustaka terhadap layanan perpustakaan perguruan tinggi. Strategi komunikasi WOM akan dibahas dari sisi: pertama, cara pemustaka memanfaatkan dan menyebarluaskan
WOM tentang layanan perpustakaan; kedua, pandangan pemustaka terhadap komunikasi WOM mengenai layanan perpustakaan, dan ketiga, strategi pustakawan dan perpustakaan dalam memanfaatkan komunikasi WOM untuk mempromosikan perpustakaan. Strategi komunikasi
WOM di sini dilakukan secara online baik melalui media sosial facebook, sms broadcast maupun webmail. Strategi promosi layanan perpustakaan melalui komunikasi WOM ini dapat dikatakan sangat bermanfaat, antara lain untuk: pertama, mengetahui layanan perpustakaan yang berorientasi pada pemustaka; kedua, mengembangkan layanan perpustakaan perguruan
tinggi yang lebih inovatif dan kreatif; ketiga, meningkatkan kemampuan dan keterampilan berkomunikasi antara pustakawan dengan pemustakanya;
keempat, menjadikan berbagi informasi antara pustakawan perguruan tinggi dan pemustakanya sebagai suatu kebiasaan dan budaya; kelima, mengurangi kesalahpahaman dalam transfer informasi; serta keenam, memaksimalkan sumber daya yang ada di perpustakaan perguruan tinggi dalam proses layanan yang diberikan.

References

Arni, Muhammad. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara. Bumi Aksara : Bumi Aksara, 2005.
Candra, Ade. Pengantar Ilmu Komunikasi. - : Aufie’s Script, 2006. .
Harrison, L. Jean -Walker. The Measurement Of Word Of Mouth Communication.
. -, - : -, 2001, Vols. -. -.
Hasan, Ali. Marketing dari Mulut ke Mulut: word of mouth marketing. Yogyakarta : Medpress, 2010.
Isnaini, Moh. Komunikasi Organisasi. . Jakarta: FBUI : Universitas Indonesia-
Fakultas Ilmu Budaya, 2011.
Nyilasy, Greg. Word of Mouth: What We Realy Know – and What We Don’t. - : -, -.
P. Aflit Nuryulia. Aflit Nuryulia P. 2009. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Word of Mouth terhadap Minat Guna Jasa Ulang. Semarang : Universitas Diponegoro, 2009.
Rangkuti, Freddy. Measuring Customer Satisfiction. Jakarta : Gramedia Pustaka Uta-ma, 2002.
Rosen, Emannuel. The Anatomy of Buzz: how to create WOM Marketing. New York : Currency-Doubleday, 2000.
Suwardi. Mengukur Kualitas Pelayanan untuk Membangun Kepuasan Pengguna Perpustakaan. Media Pustakawan, 2006.
Undang-Undang No.43 Tahun 2007. Undang-Undang No.43 . Jakarta : Republik Indonesia, 2007. Bab V pasal 14.
Published
2018-11-23
How to Cite
Hardiningtyas, T., & Nurjanah, Y. (2018). Promosi Layanan Perpustakaan Melalui Komunikasi “Words of Mouth (WOM)”. LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(2), 49 - 59. Retrieved from http://libraria.fppti-jateng.or.id/index.php/lib/article/view/54