Layanan Data dan Informasi dalam Rangka Meningkatkan Layanan di Perpustakaan Perguruan Tinggi

  • Ratnaningsih .
  • Abdul Rahman Saleh
Keywords: Manajemen Perpustakaan; strategi pelayanan perpustakaan; perkembangan perpustakaan

Abstract

Dalam rangka memenuhi kebutuhan para pemustaka, perpustakaan
perguruan tinggi berkewajiban untuk meningkatkan kualitas layanannya.
Perpustakaan perguruan tinggi memiliki kelompok pemustaka yang
harus dilayani seperti : 1) kelompok pimpinan (pemangku kebijakan) 2)
kelompok dosen 3) kelompok mahasiswa 4) kelompok lain-lain (tenaga
kependidikan dan pemustaka luar). Selama ini perpustakaan perguruan
tinggi hanya melayani kelompok dosen dan mahasiswa yang berfokus pada
layanan sirkulasi dan layanan kebutuhan literatur, sementara kelompok
pimpinan (pemangku kebijakan) belum terlayani kebutuhan informasinya.
Perpustakaan dapat berperan dalam memberi pelayanan informasi
kepada pimpinan untuk mendukung pelaksanakan tugas operasional
dan pengambilan keputusan. Informasi yang di berikan kepada kelompok
pimpinan merupakan hasil analisis data dan informasi yang koleksinya
dimiliki oleh perpustakaan seperti koleksi skripsi, tesis, disertasi dan laporan
penelitian. Kajian ini akan membahas peluang perpustakaan untuk
melakukan analisis data dan informasi. Pemetaan kemampuan atau kompetensi
pustakawan yang harus dimiliki untuk bisa menyediakan data dan
informasi guna melayani kebutuhan pemustaka kelompok pimpinan universitas
akan dianalisis. Kajian ini merupakan kajian deskriptif kualitatif.
Wawancara akan dilakukan kepada informan. Penetapan informan akan
dilakukan secara snowball sampling. Hasil wawancara akan dianalisis
dengan analisa deskriptif. Hasil kajian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada pimpinan perpustakaan dan pustakawan di seluruh
perpustakaan perguruan tinggi

 

References

Atherton, P. 1977. Handbook for information system and services. Paris:
UNESCO.
Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2016. “Kamus Besar Bahasa
Indonesia.” Kamus versi online/ daring (dalam jaringan).
Accessed 2017, 26-May. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/
pemangku%20kepentingan.
Balague, Nuria, and Jarmo Saarti. 2011. Managing Your Library and its
Quality: The ISO 9001 way. Oxford: Chandos Publishing.
Muljono, P, JG Sujana, and B Prabowo. 2009. Metodologi Penelitian
dan Laporan Kearsipan. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
PNRI. 2009. Undang-undang Republik Indonesia nomor 43 tahun 2007
tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik
Indonesia.
Purwoko. 2008. Perilaku informasi pemakai perpustakaan di perpustakaan
teknik geologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Saleh, AR, and R Komalasari. 2009. Manajemen Perpstakaan. Jakarta:
Penerbit Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian manajemen: Pendekatan kuantitatif,
kualitatif, kombinasi, penelitian tindakan, penelitian evaluasi.
Bandung: Alfabeta.
Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama.
Sutarno-NS. 2006. Manajemen Perpustakaan: suatu pendekatan praktik.
Jakarta: Sagung Seto.
UNPAD. 2017. Perpustakaan / Center of Information Scientific Resource
and Library (CISRAL). Accessed May 26, 2017. http://www.unpad.
ac.id/universitas/upt/perpustakaan/.
Weisman, HM. 1972. Information system, services, and centers. New
York: John Wiley & Sons.
Published
2018-07-19
How to Cite
., R., & Saleh, A. (2018). Layanan Data dan Informasi dalam Rangka Meningkatkan Layanan di Perpustakaan Perguruan Tinggi. LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 1-15. Retrieved from https://libraria.fppti-jateng.or.id/index.php/lib/article/view/21