Pengembangan Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menunjang Akreditasi Perguruan Tinggi

  • Rika Kurniawaty
Keywords: perpustakaan, pustakawan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Continuing Professional Development, sertifikasi pustakawan, akreditasi perguruan tinggi, Online Research Skill for Academic Writing

Abstract

Tinggi,
namun mempunyai peranan penting dalam menopang kegiatan Tri
Dharma Perguruan Tinggi. Seperti institusinya, perpustakaan tumbuh dan
berkembang secara dinamis untuk menyesuaikan tuntutan zaman. Pertumbuhan
dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang
membawa pengaruh besar di dalam dunia pendidikan juga diakomodir di
dalam standar-standar penilaian akreditasi perguruan tinggi. Karena itu
perpustakaan juga harus mengakomodir perkembangan teknologi informasi
perpustakaan dapat berjalan dengan baik, maka pustakawan sebagai
pengelola dan penggerak perpustakaan juga harus dapat mengembangkan
kemampuannya secara konsisten. Proses pengembangan kemampuan pustakawan
perpustakaan UIN Mataram dilakukan melalui program-program
Continuing Professional Development (CPD) yang dilakukan secara bertahap.
Program CPD yang telah dilakukan pada perpustakaan UIN Mataram
adalah program diklat CPTA (2015), sertifikasi pustakawan (2016), serta
kegiatan literasi informasi dan online research skill for academic writing
(2017). Kegiatan CPD ini meningkatkan eksistensi kemampuan dan keterampilan
pustakawan di perpustakaan UIN Mataram.

References

Breen, Eileen. “IFLA -- How CPD Can Help Libraries and Librarianship
Become Stronger.” Accessed July 11, 2017. https://www.ifla.
org/news/how-cpd-can-help-libraries-and-librarianship-become-
stronger.
Fatmawati, Endang. “Transformasi Peran Pustakawan Perguruan Tinggi
Dalam Mewujudkan Layanan Perpustakaan Yang Humanis.”
Perpustakaan IAIN Surakarta, 2013.
Habre, Cendrela. “Impact of Digital Natives on Libraries.” University
Librarian at Lebanese American University, n.d. http://www.
slideshare.net/Cendrella1/impact-of-digital-natives-on-libraries.
Harliansyah, Faizuddin. “Pengembangan Kurikulum Information Literacy
Di Perguruan Tinggi (Best Practice Dari Beberapa Negara
Maju).” Al-Maktabah Vol. 14 Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana
Malik Ibrahim Malang, 2015. http://repository.uin-malang.
ac.id/615/1/1662.pdf.
Haryanto, Haryanto. “Peran Baru Pustakawan Dalam Implementasi Serta
Penguasaan Teknologi Informasi Di Perpustakaan.” Berkala Ilmu
Perpustakaan Dan Informasi 10, no. 1 (n.d.): 17–21.
Lasa, HS., “Layanan Prima Perpustakaan”, Accessed July 11, 2017.
http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/6375/Layanan%20Prima%20Perpustakaan.pdf?sequence=1&isAllowed=
y.
Mufid, Mufid, and Ari Zuntriana. “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(Continuing Professional Development) Di Kalangan
Pustakawan: Studi Analisis Deskriptif Pada Pustakawan Perguruan
Tinggi Swasta Di Kota Malang,” 2015. http://repository.
uin-malang.ac.id/id/eprint/476.
Purnomo, Wahyu. “Pembelajaran Berbasis ICT.” Dapat Diakses Di Http://
Wahyupur. Files. Wordpress. Com200808makalah_pembelajaranberbasi
Sict. Pdf [Diakses 8/1/2011], 2008. http://physicsmaster.
orgfree.com/Artikel%20&%20Jurnal/Inovasi%20Dalam%20
Pendidikan/pembelajaran%20berbasis%20ICT-2.pdf.
Setiawan, Hendra. “Sistem Sertifikasi Profesi Nasional.” Accessed July
12, 2017. http://pustakawan.perpusnas.go.id/content/sistem-sertifikasi-
profesi.
UU No.43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.Pdf.” Accessed July 11, 2017.
http://htl.unhas.ac.id/form_peraturan/photo/094607-UU%20
No.43%20tahun%202007%20tentang%20Perpustakaan.pdf.
Published
2018-07-18
How to Cite
Kurniawaty, R. (2018). Pengembangan Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menunjang Akreditasi Perguruan Tinggi. LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 115-131. Retrieved from https://libraria.fppti-jateng.or.id/index.php/lib/article/view/10