Pemanfaatan Blog (Weblog) sebagai Sarana Knowledge Sharing bagi Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro

  • Yanuar Filayudha
  • Endang Fatmawati
Keywords: Blog, Weblog, Knowledge Sharing, S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan blog (weblog) sebagai sarana knowledge sharing bagi mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah sembilan orang informan yang terdiri dari delapan orang mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan seorang pemilik blog. Penentuan
informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data yang diperoleh selama penelitian menunjukkan hasil bahwa blog memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan dosen. Bagi mahasiswa dengan adanya blog, mereka lebih mudah mencari materi perkuliahan yang tidak disampaikan oleh dosen ketika di kelas. Adanya blog bagi dosen membuat pekerjaannya lebih terbantu, karena mahasiswa sebelumnya telah mempelajari
materi yang diunggah di dalam blog. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa telah mampu memanfaatkan blog sebagai sarana knowledge sharing guna menunjang kegiatan perkuliahan mereka seperti berinteraksi dengan pengguna lainnya mengenai informasi terbaru
berkaitan dengan kegiatan perkuliahan dan pengumpulan tugas maupun untuk mencari referensi tambahan. Pemanfaatan blog dirasa belum maksimal dan masih dapat ditingkatkan dengan penambahan bandwidth di area hotspot kampus, mengenalkan fitur-fitur penting blog agar dapat dimanfaatkan lebih optimal oleh mahasiswa dan pemilik blog menunjuk asisten khusus untuk membantu
mengelola blog, agar blog lebih optimal penggunaannya untuk mahasiswa.
Kata kunci: Blog, Weblog, Knowledge Sharing, S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan

References

Alavi, Maryam dan Leidner, Dorothy. E. 2001. “Conceptual Foundations of Knowledge Management and Knowledge Management Systems”.
MIS Quarterly, Maret, Vol.25 No.1, hlm.107-136 http://dl.acs.org.au/ index. php/ajis/article/viewFile/212/184 [diakses 8 April 2013].
Andersen, Kristin Helen. 2004. “Students Use of Weblogs: Weblogs for Collaboration in Educational Setting”. Thesis Departement of Information Science University of Bergen, https://bora.uib.no/bitstream/ handle /1956 /1177/?sequence=1 [diakses 7 April 2013].
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2007. Media pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Disterer, Georg. 2001. “Individual and Social Barriers to Knowledge Transfer”. Proccedings of the 34th Hawaii International Conference
on Systems Science, IEEE, USA. http: //citeseerx. ist. psu.edu/ viewdoc/ download? Doi =10.1.1.97.6417&rep=rep1&type=pdf [diakses 7 April 2013]
http://myundip.wordpress.com/ [diakses 5 Juli 2013]
Jennex, Murray E. 2008. Knowledge Management: Concepts, Methodologies,
Tools and Applications. New York: IGI Global, http://en.bookfi.org /book/ 515761 [diakses 7 April 2013]
Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 4. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Pan, Shu-Chien. 2010. “The Relationship between Teachers Self-Efficiacy and The Integration of Web 2.0 Tools in K-12”. Disertasi, Program
Doktoral Filsafat, Education and Human Services of Ohio University. Ohio. http://etd.ohiolink.Edu/sendpdf.cgi/Pan%20Shuchien.pdf?ohio1281726657&dl=y [diakses 13 November 2012]
Sadiman, Arief S. 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sangkala. 2007. Knowledge Management: Suatu Pengantar Memahami Bagaimana Organisasi Mengelola Pengetahuan Sehingga Menjadi
Organisasi yang Unggul. Jakarta: Raja Grafindo
Sihkabuden. 1991. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyanto, Wahyu. 2008. Tekonologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta:
Kanisius.
Tobing, Paul L. 2007. Knowledge Management: Konsep, Arsitektur dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Yusup, Pawit M. 2010. Pedoman Penyelenggarakan Perpustakaan Sekolah.
Jakarta : Kencana
Yu, Tai-Kuei. 2010. Exploring factors that influence knowledge sharing behavior via weblogs, Southern Taiwan University, Taiwan. Elsevier: Computer in Human Behavior, January, Vol.26 Issue.1, hlm. 32-41, http://www. sciencedirect.com/science/article/pii/S0747563209001265?n=y [diakses 1 Oktober 2012]
Published
2019-12-12
How to Cite
Filayudha, Y., & Fatmawati, E. (2019). Pemanfaatan Blog (Weblog) sebagai Sarana Knowledge Sharing bagi Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. LIBRARIA : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 8(2), 69-81. Retrieved from https://libraria.fppti-jateng.or.id/index.php/lib/article/view/74